Berita Terbaru

28 May 2004

Ekspor Kopi Vietnam Naik-Turun

Ekspor Kopi Vietnam Naik-Turun
Menurut Menteri Perdagangan Vietnam, ekspor kopi Vietnam menempati rangking kedua dari tujuh komoditi ekspor pertanian negara itu dengan tingkat pertumbuhan tertinggi setiap tahunnya, mencapai 22,75%, setelah beras dengan perolehan nilai ekspor sebesar US$ 720 juta.

Ekspor kopi Vietnam dalam quartal pertama 2004 mencapai 283.296 ton, dengan perolehan nilai ekspor US$ 156 juta, suatu kenaikan yang mencapai 29,8% dibanding kwartal pertama tahun 2003.



Dari forkas keadaan pasar dunia, krisis yang bermula sejak 1999 hingga sekarang belum berakhir, dalam tahun ini harga-harga membaik, tapi tidak kuat.



Mengenai arah pengembangan sektor kopi Vietnam, Doan Trieu Nhan, dari Asosiasi Kopi dan Kakao Vietnam, mengatakan : mencermati krisi yang lalu, sektor kopi Vietnam telah mengalami ketidak-stabilan, areal kopi bertambah dengan dengan cepat tanpa perencanaan yang matang, struktur perkebunan kopi tidak seimbang, pengolahan tidak sejalan dengan produksi, kualitas rendah. Dan yang paling pokok, biaya produksi tinggi.



Dalam hubungan ini, ia menekankan sektor kopi Vietnam harus merancang suatu rencana yang matang untuk pengembangan kopi di masa yang akan datang dengan tatanan yang layak; penerapan diversifiaksi produk, peningkatan kualitas, pemberian bantuan teknis kepada para petani dan penyebaran infomasi pasar kepada para eksportir kopi. (RB)



Sumber : www.vneconomy.com.vn



 

Logo KPBN

Contact Us

Jl. Cut Meutia NO. 11, RT. 13, RW. 05, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Kode Pos. 10330

(021)3106685, (021)3907554 (Hunting)

humas@inacom.co.id

PT. Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara

Social Media

© Inacom. All Rights Reserved.