Go to Top
 
kosong
tender
KOMODITI NO TANGGAL
TEH 31 13-08-2014
SAWIT    
  Lokal 146 20-08-2014
  PK - -
  PKM (mingguan) 39 19-08-2014
  PKO (mingguan) 39 19-08-2014
KARET 146 20-08-2014
      Syarat Pembeli
      Tata Cara Penjualan
     bullet_coklat Jadwal Tender
     bullet_coklat FAQ
  Berita  

Posted on [11:28:07 30/11/2011] by admin


20111130112933INDONESIA-MERCUSUAR-DUNIA.jpg

Saat ini banyak analisa dari pihak asing ( Goldman & Sach ) atau analisa keuangan yang meyakini fakta bahwa Indonesia saat 3 tahun terakhir mengalami pertumbuhan 6 - 6,5% dengan inflasi yang relatif dibawah 5%, dengan PDB Rp Satu juta 400 triliun, bila sampai tahun 2025 keadaan ekonomi ekonomi bisa dipertahankan, maka Indonesia akan memiliki PDB sebesar Rp 9 quatriliun (sembilan juta triliun ), maka Indonesia diprediksi menjadi negara terkuat dalam ekonomi 10 besar dunia. Disaat inilah kesejahteraan nasional bisa dijalankan.

Namun tentunya dalam segala hal akan ada dua efek sisi, yaitu efek negatif dan positifnya. Seiring dengn pemerataan kesejahteraan Nasional, juga akan memiliki efek negatif, misal Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang feodal ( sombong ) atau agresor ( karena merasa kuat, maka ada sentimen sedikit dengan negara lain lalu memaklumatkan perang )

 

Agar hal itu dapat terhindari, era tersebut akan berpengaruh landasan negara yang kita sebutkan PANCASILA. Agar kita selalu menghormati asas kemerdekaan setiap manusia di dunia ( sila ke-2 : kemanusiaan yang adil dan beradab ) agar bangsa ini menjadi mercu suar bagi peradaban dunia, tauladan bahwa negara besar tidak harus menunjuk Powernya dengan kegarangan sikap ofensif, namun bisa kita tunjukan bahwa negara besar bisa disegani bangsa lain justru karena menjungjung tinggi perdamaian, juga yang tercerminkan oleh karakter masyarakatnya.

 

Sehingga dengan ulasan ini, kita jadi memahami bahwa " Penghayatan PANCASILA " perlu dijalankan melalui pendidikan dari sekarang, bagaimanapun tahun 2025 atau 2030 adalah era yang diisi oleh generasi pemuda bangsa. Penghayatan untuk nantinya bisa diterapkan.

 

Bagaimanapun juga gagasan PANCASILA sebagai sebuah landasan Indonesia, untuk nantinya bila bangsa ini telah maju, tidak menjadi bangsa agresor seperti negara-negara eropa yang cenderung kolonialisme. Sebuah mimpi bahwa bangsa ini kelak akan tetap eksis selama ratusan atau ribuan tahun, sebuah mimpi yang harus berlandaskan peri kemanusiaan, yang digagaskan oleh para pendiri bangsa ( M. yamin, Sukarno- Hatta, M. natsir ) .

 

Maka, dengan pemahaman ini, kita jadi menyadari apa sebenarnya tujuan keberadaan PANCASILA, dan akan menyadari kita bahwa Penghayatan Pancasila sudah selayaknya dijadikan pendidikan. Bisa dengan cara menjadi pendidikan utama ( dari SD sampai SMU ) atau pendidikan jurusan yang diambil saat masuk kuliah.

 

Apapun nantinya jenis pendidikan Pancasila, akan membuka mata kita bahwa Pendidikan PANCASILA bukanlah sebuah doktrin yang harus di hafalkan ( seperti era orde baru ) , Pendidikan Pancasila adalah sebuah penghayatan untuk bekal kita menuju era pencerahan bangsa.

 

Oleh      : Kompas 

Sumber : kompasiana
Kata Kunci :

Indonesia , Mercusuar Dunia

Share This :

  

9/ 10 (Excellent)


Berita Lainnya :
 

RSS Feed PT. KPB Nusantara
Bookmark

 
Perusahaan-perusahaan di bidang perkebunan

Perusahaan-perusahaan di bidang perkebunan

Komoditas PTPN
Teh Karet Minyak Sawit
Gula Kopi Kakao